Penuh Tipu Muslihat, Begini Modus Yang Dilakukan Pinjaman Online Ilegal Untuk Jerat Korbannya

Kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan Orang yang bersangkutan.” Selanjutnya, untuk pinjaman ilegal mereka mengakses seluruh data ponsel yang biasanya digunakan untuk pencemaran nama baik, penghinaan, menyebarkan foto atau video pribadi. Selain itu, pinjaman online bodong tidak mempunyai layanan pengaduan untuk nasabah.

Dalam regulasinya, OJK mewajibkan penyelenggara kredit online memiliki dan menyediakan layanan untuk menyelesaikan permasalahan nasabahnya. Buat kamu yang ingin mengambil kredit online, pastikan perusahaan fintech tersebut punya nomor telepon pengaduan atau layanan pelanggan untuk berbicara langsung. Untuk menghindari risiko dengan pinjaman online, Anda bisa mencoba pinjaman bunga rendah dari bank. Pinjaman bank tak sulit didapat jika Anda tahu harus meminjam dari bank mana. Salah satu yang direkomendasikan adalah HSBC Personal Loan yang cocok untuk berbagai pembayaran jangka pendek maupun jangka panjang.

Artinya, saat meminjam dana sebesar 1 juta, dana maksimal yang harus dikembalikan adalah 2 juta, tak peduli berapa lama cicilan tertunggak atau berapa besar dendanya. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan perusahaan Financial Technology atau yang biasa kita kenal juga dengan pinjaman online. Dalam beberapa tahun kebelakang, pinjaman online memang sedang marak-maraknya di Indonesia.

Jika anda tidak menyetujui ketentuan Perjanjian ini mohon tidak melanjutkan penggunaan layanan kami. Banyak orang yang menjadi korban karena tergiur dengan kecepatan dan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman. Sebaliknya, fintech legal akan menampilkan lambang OJK memuat keterangan “terdaftar dan diawasi”oleh OJK. Platform kami adalah platform pinjaman berbasis seluler yang membantu pelanggan dengan kebutuhan mendesak akan pinjaman jangka pendek jumlah kecil.

Yuk, simak pembahasan tentang pinjol yang sudah Qoala rangkum khusus untuk kamu. Namun, bila benar-benar tehimpit masalah ekonomi dan tidak bisa mengajukan pinjaman ke bank, maka Fithra menyarankan pengguna untuk memilih layanan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Untuk itu, pengamat ekonomi Universitas Indonesia, Fithra Faisal mewanti-wanti agar masyarakat menjauhi yang namanya layanan pinjaman online, apalagi layanan pinjol ilegal yang tak terdaftar di OJK.